Tentang Kuku

Kuku ternyata bukan sekedar aksesoris alami bagi jari-jari tangan dan kaki manusia. Di balik itu semua ternyata menyimpan beragam informasi penting tentang kesehatan kita. Semua terekam dalam tampilan atau rona kuku. Tidak heran jika ada pameo bahwa kukumu adalah kondisi kesehatanmu.

Apa saja tengara yang disampaikan kuku mengenai kesehatan kita? Berikut ini beberapa hal yang bisa dideteksi sejak dini, sehingga mempercepat pemulihan kondisi kesehatan anda.

Pertama, kuku terlihat pucat (pale nail)

Ukuran mengenai pucat atau tidaknya kuku hanya bisa dikenali oleh masing-masing individu. Tampilan kepucatan kuku pada orang berkulit putih tentu agak berbeda dari orang yang berkulit cokelat-kehitaman.

Anda pasti tahu jika tiba-tiba kuku terlihat sangat pucat . Dan dalam kasus normal, hal ini memang terkait dengan proses penuaan. Tapi bisa juga menandakan adanya suatu penyakit serius, misalnya anemia, kurang gizi, diabetes, liver, bahkan gagal jantung.

Kedua, kuku terlihat kekuningan(yellow nail)

Nah, biasanya hal ini menandakan adanya infeksi jamur. Jika infeksi makinmemburuk, maka bisa menyebabkan kuku mengerut , menebal, bahkan remuk.

Namun, dalam beberapa kasus, kuku berwarna kuning juga bisa menandakan kondisi yang lebih serius dari pada sekedar infeksi jamur. Misalnya penyakit gondok atau psoriasis.

Ketiga, kuku berwarna putih (white nail)

Pada dasarnya kuku kita memang berwarna putih. Tetapi jika warna putih ini ditandai dengan warna gelap di bagian pinggirnya, Anda perlu mewaspadainya.

Ada beberapa kemungkinan penyakit atau gangguan kesehatan yang terkait dengan tampilan seperti ini. Tetapi yang perlu dicurigai adalah penyakit liver atau hepatitis.

Kuku Biru

Keempat, kuku berwarna kebiru-biruan (bluish nail)

Adakah kuku yang berwarna biru dalam arti yang sesungguhnya? Tentu tidak!

Biru di sini adalah semburat (semacam aura), yang menandakan bahwa tubuh kita kekurangan oksigen. Hal ini sekaligus menunjukkan adanya infeksi di paru-paru, seperti pneumonia.

Kelima, kuku pecah-pecah (craced nail)

Anda mempunyai kuku yang kering, rapuh dan mudah pecah? Jika benar waspadalah dengan penyakit gondok. Namun jika kondisi ini dipadukan dengan warna kekuningan, bia jadi ada infeksi jamur pada tubuh Anda.

Keenam, permukaan kuku terlihat berbintik dan bergelombang (rippled nail)

Ini merupakan gejala awal psoriasis atau peradangan sendi. Psoriasis adalah salah satu penyakit kulit yang hampir sepuluh persennya diawali dari masalah kuku seperti itu.

Ketujuh, garis gelap di bawah kuku (dark lines)

Nah, Anda mesti lebih berhati-hati, karena bisa jadi ada korelasinya dengan melanoma (penyakit kanker kulit yang paling berbahaya)

Coba periksa kuku Anda. Jika menjumpai tanda seperti itu, tak ada alasan untuk tidak segera memeriksakan diri ke dokter. Jangan sampai kanker kulit menjalar kemana-mana.

Diluar tujuh tampilan wana/rona kuku, ada tengara lain dari kuku yang dapat membantu menjelaskan kondisi kesehatan Anda. Misalnya peradangan dilipatan kuku (puffy nail fold). Daerah tersebut terlihat merah. Ini bisa disebabkan oleh lupus atau gangguan jaringan penghubung lainnya.

Meski seringkali diikuti penyakit tertentu, perubahan/tampilan rona pada kuku itu sendiri bukanlah pertanda awal. Selain itu banyak perubahan kuku yang tidak membahayakan kesehatan.

*dari berbagai sumber*

31 thoughts on “Tentang Kuku

  1. Assalaamu’alaikum

    Salam kenal dan info mbak sangat berguna sekali. Terima kasih. salam mesra dari Malaysia.

    • Makasih mbak Julie, dah mau berkunjung kemari🙂
      gpp, asal jangan panggil elang ya.., itu panggilan saya kalau tman saya lg berantem ma saya😀

      coba liat kukunya, hah! Panjang-panjang

      ayo dipotong..
      *getok pake penggaris*
      hahaha..

  2. Kalo masalah yang aku hadapin sekarang, gak ada di atas. Kuku jempol kakiku masuk ke daging, yang disebut dengan ‘cantengan’😀. Gara2 pernah luka (gara2 kesandung kalo gak salah), terus jempol bengkak. Dan sejak itu cantengan. Sakit. Hiks… :((

    Link udah aku tambahin🙂

  3. Assalaamu’alaikum

    Masih posting kuku lagi wahai Lalang Senja. Hadir untuk menyantap hikmah barunya… namun hampa.. teruskan berkarya untuk kita berkongsi kebaikan dunia blogger. Salam mesra dari saya di Sarawak, MALAYSIA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s