Wijen

Wijen (Sesamum indicum L) adalah rempah semusim yang termasuk dalam famili Pedaliaceae. Tanaman ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati, yang dikenal sebagai minyak wijen, yang diperoleh dari ekstrasi bijinya. Wijen di duga berasal dari Afrika tropik, kemudian menyebar ke timur hingga India dan Tiongkok.

Akar tanamannya bertipe akar tunggang dengan banyak cabang yang sering bersimbiosisdengan mikoriza VA (Vesikular-arbuskular). Tanaman mendapat keuntungan dari simbiosis ini dalam memperoleh hara dari tanah. Penampilam morfologinya mudah dipengaruhi lingkungan. Tinggi bervareasi dari 60 hingga 120cm, bahkan dapat mencapai 2-3 meter.

Batangnya berkayu pada tanaman yang telah dewasa, bentuknya segi empat, beralur, berambut, percabangan monopodial, berwarna hijau. Daun tunggal berbentuk lidah memanjang, berambut ujung dan pangkal runcing, tepi bergerigi, panjang 5-20 cm, lebar 1,5-4 cm, pertulangan menyirip, berwarna hijau. Bunga tumbuh dari ketiak daun, biasanya tiga namun hanya satu yang biasanya berkembang biak.

Bijinya berbentuk seperti apokat, kecil berwarna putih, kuning, coklat, merah muda atau hitam. Biji wijen merupakan bahan pangan yang mengandung kalori cukup tinggi yaitu sebesar 555 kal/100g biji. Kandungan gizi biji wijen cukup tinggi dan komposisinya lengkap, sehingga wijen merupakan salah satu sumber asam lemak yang baik. Biji wijen mengandung 50-53% minyak nabati.

Minyak biji wijen juga kaya akan vitamin E. Ampas biji wijen (setelah diekstrak minyaknya)menjadi sumber protein dalam pakan ternak. Sejak zaman Yunani kuno, biji wijen telah dikenal mimiliki potensi untuk meningkatkan vitalitas, sehingga dijuluki si kecil yang memiliki kekuatan ajaib.

Biji wijen atau sesame merupakan salah satu komoditi pertanian penghasil minyak nabati yang banyak diigunakan dalam bahan pangan. Seperti untuk burger, cake, biskuit. Juga sangat berguna dalam memenuhi gizi yang seimbang, karena selain kaya akan kalsium dan vitamin B1, biji wijen juga mengandung kalori dan asam lemak esensial yang tinggi yang dibutuhkan dalam tubuh manusia.

Wijen sudah sejak lama ditanam manusia, untuk dimanfaatkan bijinya, bahkan merupakan tanaman minyak tertua dikenal peradaban. Bijinya yang berwarna putih digunakan sebagai penghias dalam panganan, misalnya onde-onde. Biji wijen juga bisa dibuat pasta. Berbagai tradisi memasak yang memanfaatkan kedelai tersebar mulai dari kawasan Laut Tengah seperti Yunani dan Turki, hingga Jepang dan semenanjung Korea.

Dalam ilmu pengobatan India Ayurweda yang disusun pada abad ketiga SM, minyak wijen digolongkan sebagai bahan obat imanisi. Manfaatnya antara lain bisa merangsang pertumbuhan, menguatkan dya pikir, bersifat antioksidan dan melawan rasa terbakar.

Minyak wijen juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Di Afrika dan negeri-negeri koloni Amerika di bagian timur dan utara, minyak wijen digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak gosok, salep dan plester luka.

Di Mesir, semenjak abad ke 2 SM, wijen dipakai sebagai obat. Pengetahuan wijen digunakan sebagai obat lebih dulu diketahui bangasa Afrika dibanding bangsa Amerika. Jika daunnya di remas-remas misalnya, maka akan mengeluarkan lendir. Larutan tersebut bisa menyembuhkan kolera, disentri, diare, radang selaput lendir hidung dan tenggorokan.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, misalnya bila mengalami anyang-anyangen atau gangguan saluran kencing, bisa di tanggulangi dengan 1-2 lembar daun wijen yang diremas-remas bersama satu gelas air matang, kemudian diminum. Bila memakai daun wijen kering bisa diseduh dengan air mendidih.

Untuk memperlancar ASI

Untuk memperlancar produksi ASI bagi ibu-ibu yang sedang melahirkan, ambil satu sendok biji wijen, kemudian lembutkan dengan 1 ibu jari kencur, kemudian oleskan di atas kelenjar susu yang sedang berfungsi.

Untuk  pertumbuhan rambut

Ambil daun wijen kemudian remas-remas dan beri sedikit air, kemdian oleskan pada rambut, ini bermanfaat memacu pertumbuhan rambut baru dan mencegah kerontokan.

Untuk meredakan demam

Ambil daun wijen, kemudian haluskan, pakailah sebagai tapal di dahi, pelipis kiri dan kanan.

Sebagai tonikum

Biji wijen dan kencur dihaluskan, kemudian dibentuk bulatan-bulatan seperti pil atau kapsul, kemudian ditelan beberapa butir.

Budidaya wijen relatif mudah, resiko kegagalan sangat kecil, input rendah dan mudah ditumpangsarikan dengan tanaman palawija, tanaman pangan atau tanaman industri, serta tidak diminati oleh mamalia seperti kera, babi hutan, kijang sehingga sesuai untuk di tanam di kawasan hutan.

Untuk lahan kering di musim hujan yaitu wilayah yang bercurah hujan pendek, wijen ditanam pada musim penghujan agar tanaman tidak mengalami hambatan suhu tanah, ketersediaan air, dan jazad pengganggu.

Untuk jarak tanamnya, secara umum wijen yang bercabang dianjurkan  menggunakan jarak tanam 60 x 25 cm, atau 50 x 25 cm, sedangkan varietas yang tidak bercabang, dianjurkan dengan jarak tanam dan kedalaman 2,5 dan 5,0 cm dan ditutup dengan tanah.

Sedangkan pengembangan wijen di lahan sawah banyak dilakukan dengan cara monokultur, akan tetapi pertimbangkan adanya resiko kegagalan dan peningkatan pendapatan, dapat di tanam tumpangsari, tumpangsisip, atau campuran. Di lahan kering wijen bisa ditumpangsarikan dengan jagung, kapas, jarak kepyar, kacang hijau, kacang tanah dan padi gogo.

Tumpangsari wijen dengan jagung dan setelah jagung dipanen disisipi kacang hijau memeberikan peneriamaan lebih besar dari pada wijen monokultur, atau kacang hijau monokultur. Yang perlu diperhatikan juga pengendalian gulma dan penggemburan tanah. Periode kritis adanya gulma yaitu pada awal tanam sampai menjelang berbunga, oleh karena itu pengendalian gulma dianjurkan mulai awal pertumbuhan sampai umur 45 hari. Setelah umur tersebut, pertumbuhan lebih cepat dan tanaman menutup lahan di bawahnya, sehingga mampu menekan gulma, karena sebagian besar gulma tidak tahan naungan.

*dari berbagai sumber*

43 thoughts on “Wijen

  1. Wah… bisa untuk pertumbuhan rambut yah… barangkali mengalahkan Shampoo Clear, hehehe… perlu dicoba nih😀

    Salam kenal LalangSenja….

      • apa benar minyak wijen juga bisa merangsang pertumbuhan jenggot??😀

        kalau iya, mau coba ah, biar jenggot saya semakin cepat daya tumbuh kembangnya.:mrgreen:

        kamu coba ja ya, siapa tahu jenggotnya bisa panjang😀

      • iya, o ya, senja, komentarmu sudah saya tanggapi yang soal temanmu itu lho. terima kasih…..

  2. ditempatku susah ditemukan daun wijen..
    untung skrg sudah ada jual minya wijen ya mbak…:)

    makasih infonya

  3. kembali untuk membaca…:mrgreen:

    ternyata banyak banged fungsinya yak nie si wijen… kecil” banyak sekali manfaatnya…
    btw, kenapa koq mendadak posting wijen?

    HIDUP!!! ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s