Daun Salam

Mungkin anda semua tahu tentang daun salam. Tanaman yang biasa kita gunakan sebagai bumbu masakan ini ternyata banyak khasiatnya loh. Daun salam atau  Syzygium polyanthum atau bahasa kerennya Indonesian bay-leaf  digunakan sebagai rempah pengharum masakan orang Asia Tenggara pada umumnya. Termasuk Indonesia. Tumbuhan ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Selain daun yang dipakai sebagai bumbu, kulit pohonnya biasa dipakai sebagai bahan pewarna jala atau anyaman bambu. Perbanyakan tumbuhan ini bisa dilakukan dengan biji, cangkok, atau stek. . Pohon salam yang biasa tumbuh liar di hutan dan di pegunungan bisa mencapai ketinggian 25 meter dan lebar pohon 1,3 meter. Wah tinggi sekali ya….

Dulu saat saya kecil sering makan buahnya, rasanya sepat manis dan sedikit asam. Dan ternyata selain sebagai bumbu masakan, daun salam ini juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit . Antara lain  bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

Kali ini saya akan menggunakan daun salam untuk mengobati asam urat

Bahan:

– Daun salam 6 lembar (remas-remas)

– 200-300 ml air

– 4 batang serai (geprek)

Cara:

Rebus semua bahan hingga menjadi ½ gelas saja, kemudian minum sehari 2x sampai sembuh

Bagi penderita asam urat juga harus mengindari makanan seperti gorengan, jeroan, kol, brokoli, melinjo, makanan yang manis-manis, makanan laut (udang, kerang, cumi, kepiting), makanan kaleng ( sarden, kornet) , kacang-kacangan ( kacang tanah, kacang ijo, termasuk olahan kedelai seperti tempe, oncom, susu kedelai), buah-buahan( durian, alpukat, nanas, air kelapa), sayur (daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, buncis), minuman ( minuman yang mengandung alkohol seperti arak, tuak , wiski, bir, anggur)

Selain menghindari itu semua, biasakan hidup sehat ya.., jangan suka makan-makanan yang mengandung bahan pengawet. Bagi penderita asam urat atau penyakit yang lainnya, teruslah berusaha dan jangan lupa berdoa, semoga lekas sembuh… dan selamat mencoba.🙂

One thought on “Daun Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s